PT. Dananjaya Wira Usaha, Pembukuan Bisnis Bangunan

PT. Dananjaya Wira Usaha, Pembukuan Bisnis Bangunan

PT Dananjaya Wira Usaha atau PT. DWU merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan eceran berbagai macam bahan material bangunan yang berlokasi di kabupaten Gresik. Salah satu produk yang paling banyak diperdagangkan adalah kawat dengan berbagai macam ukuran.

Kendala yang Dihadapi dan Solusinya

Dalam melakukan pencatatan keuangan, PT Dananjaya Wira Usaha sebelumnya telah menggunakan sistem, namun Ketika sistem lama telah mengalami kerusakan, maka perusahaan beralih ke sistem Accurate Online. Seperti sistem mereka yang sebelumnya, Accurate digunakan oleh PT. DWU untuk mempermudah dalam melakukan pencatatan, pengklasifikasian, sampai dengan pelaporan operasional perusahaan mereka baik dari setiap divisi (penjualan, pembelian, persediaan) sampai dengan pihak manajemen lini atas (laporan) dalam melakukan pengambilan keputusan.

Baca juga:   PT Sriwijaya Teknik Utama: Sistem Akuntansi untuk Jasa Fabrikasi

Implementasi sistem dengan beberapa kendala dan solusinya

Divisi Kendala Solusi
Penjualan Faktur penjualan awal yang harus diberikan Ketika pengiriman barang Bersama dengan surat jalan namun bukan sebagai atau dalam bentuk tagihan. Dengan melakukan modifikasi desain cetakan pada fitur pengiriman pesanan terhadap variabel tertentu untuk menghasilkan form yang mirip dengan Invoice.
Gudang Perusahaan memiliki stok barang pada pemasok dalam bentuk PO. Dimana perusahaan akan melakukan pembayaran bill sebesar barang yang dikeluarkan dari pemasok Ketika terdapat pesanan dari pelanggan. Sehingga sisa barang yang ada (kuantitas barang pada PO) akan dianggap sebagai stok. Kemungkinan besar akan terjadi selisih antara catatan stok perusahaan dengan pemasok Membuat Gudang tersendiri pada sistem untuk menampung stok (PO yang menggantung pada pemasok) sehingga akan dapat diketahui berapa barang yang ada pada Gudang ini yang berstatus belum dikeluarkan atau masih berada pada tangan pemasok.
Laporan Manajemen meminta untuk stok dengan biaya rata rata pada barang atau jasa Kawat dikelompokkan sesuai dengan ukuran yang tidak terlalu banyak  Membuat kategori barang yang dibutuhkan untuk mengelompokkan item dengan bermacam macam ukuran. Serta melakukan mofidikasi laporan untuk mempermudah dalam melakukan analisis nilai rata rata persediaan.
Baca juga:   Implementasi Accurate Online di Olivia Bakery

Kesimpulan

Sebagian besar transaksi sudah dapat diinput untuk periode berjalan, namun terdapat sedikit kendala dalam penginputan dimana perusahaan menginginkan tanggal cut off dilakukan sejak awal berdiri perusahaan, ditambah karena sistem lama rusak dan tidak dapat dioperasikan Kembali yang membuat mereka tidak sempat dalam melakukan ekspor data yang ada pada sistem sebelumnya, sehingga mereka tidak memiliki rekapan data tahun sebelumnya dalam bentuk soft copy.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda