Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di Surabaya dan Contohnya

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di Surabaya dan Contohnya

Setiap entitas usaha diwajibkan menyusun laporan keuangan yang selaras dengan jenis bisnis yang dijalankannya, tak terkecuali bagi perusahaan yang berfokus pada pelayanan atau jasa. Perusahaan jasa merujuk kepada badan usaha yang mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan atau keahlian tertentu.

Contoh-contoh perusahaan jasa di Surabaya mencakup lembaga perbankan, industri asuransi, bengkel perbaikan kendaraan bermotor, jasa penyewaan, salon, perusahaan pengiriman surat dan barang, serta berbagai jenis perusahaan lainnya. Proses penyusunan laporan ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi khusus untuk pelaporan keuangan, guna mempercepat dan meningkatkan akurasi.

Apa yang Dimaksud dengan Laporan Keuangan Bisnis Jasa di Surabaya?

Laporan keuangan adalah hasil dari proses siklus akuntansi pada perusahaan jasa yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara data finansial atau kegiatan bisnis perusahaan dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap data atau aktivitas perusahaan tersebut.

Dalam konteks perusahaan jasa, terdapat beberapa jenis laporan keuangan utama yang penting, diantaranya:

Laporan Neraca (Balance Sheet)

Dokumen ini menggambarkan perubahan posisi keuangan, termasuk aset, liabilitas, dan ekuitas (modal) pada periode akuntansi tertentu. Neraca bisa diformat sebagai stafel atau dalam bentuk T (skontro).

Contoh Laporan Neraca

Laporan Laba/Rugi

Laporan ini mencatat seluruh pendapatan dan beban yang timbul dalam satu periode akuntansi. Laporan laba rugi disusun pada akhir periode untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Terdapat dua format penyajian laporan laba rugi, yaitu single step dan multi step.

Baca juga:   Pembukuan Accurate Online Surabaya, Fondasi Keuangan Bisnis

Contoh Laporan Laba Rugi

  • Bentuk Single Step: Laporan ini menjumlahkan total pendapatan dan beban, dan selisihnya mencerminkan laba atau rugi perusahaan.
  • Bentuk Bertahap (Multiple Step): Pada bentuk ini, pendapatan dan beban dibedakan berdasarkan jenisnya. Misalnya, pendapatan usaha dipisahkan dari pendapatan lainnya, dan beban juga terbagi antara beban usaha dan beban lainnya.

Komponen laporan laba rugi perusahaan jasa mencakup pendapatan, biaya pokok pendapatan, dan beban operasional.

Laporan Perubahan Modal Perusahaan Jasa

Laporan ini secara spesifik mencatat setiap perubahan modal atau ekuitas dalam satu periode akuntansi. Unsur-unsur dalam laporan perubahan modal meliputi modal awal, laba/rugi bersih, setoran/penarikan, dan modal akhir.

Laporan perubahan modal atau ekuitas adalah salah satu jenis laporan keuangan perusahaan jasa yang menguraikan dengan rinci segala perubahan yang terjadi pada modal/ekuitas perusahaan dalam satu periode akuntansi.

Unsur-unsur dalam laporan perubahan modal meliputi modal awal, laba/rugi bersih, setoran/penarikan, dan modal akhir.

Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Dokumen ini mencatat aliran kas masuk dan keluar selama periode tertentu. Informasi dalam laporan ini memungkinkan para pemangku kepentingan untuk mengevaluasi dampak aktivitas operasional terhadap kondisi keuangan perusahaan serta jumlah kas dan setara kas.

Baca juga:   Aplikasi Laporan Keuangan Surabaya, Fondasi Kesuksesan Bisnis

Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Jasa

Komponen laporan keuangan bisnis jasa mencakup kas dan setara kas, piutang usaha, uang muka, aset tetap, utang bisnis dan utang lainnya, utang pajak, pendapatan diterima di muka, serta modal saham yang telah ditempatkan dan disetor sepenuhnya.

Laporan arus kas mencakup tiga kategori utama, yaitu arus kas dari aktivitas operasi, arus kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan. Arus kas dari aktivitas operasi utamanya berasal dari pendapatan perusahaan, seperti yang tercermin dalam beberapa jenis laporan keuangan.

Arus kas dari aktivitas investasi mencerminkan penerimaan dan pengeluaran kas yang terkait dengan aset yang dimaksudkan untuk menghasilkan pendapatan dan aliran kas di masa depan.

Sedangkan arus kas dari aktivitas pendanaan melibatkan penerimaan kas dari penjualan saham atau instrumen modal lainnya, serta pembayaran kas terkait dengan utang dan keuangan.

Membuat Laporan Keuangan Bisnis Jasa di Surabaya dengan Accurate

Ketika berbicara tentang Laporan Keuangan Bisnis Jasa, kemudahan dan ketepatan adalah kunci. Di Surabaya, pusat bisnis sibuk Indonesia, Accurate Online telah menjadi solusi terdepan bagi perusahaan jasa yang ingin mengelola laporan keuangan mereka dengan efisiensi.

Baca juga:   Perangkat Lunak Laporan Keuangan Surabaya

Accurate Online adalah platform akuntansi digital yang terbukti membantu bisnis jasa menjalankan operasional tanpa kendala. Dengan fitur-fitur canggih seperti pencatatan transaksi otomatis dan analisis data real-time, bisnis jasa dapat dengan mudah menghasilkan Laporan Keuangan Bisnis Jasa yang akurat dan tepat waktu.

Keunggulan lain dari Accurate Online adalah fleksibilitasnya. Di tengah mobilitas tinggi di Surabaya, pengguna dapat mengakses platform ini dari mana saja dan kapan saja. Hal ini memungkinkan manajer keuangan dan pemilik bisnis untuk tetap terhubung dengan data keuangan mereka tanpa harus terbatas pada kantor.

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif seperti Surabaya, memiliki alat yang mempermudah pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa adalah aset berharga. Accurate Online tidak hanya memudahkan proses ini, tetapi juga memberikan visibilitas yang penting untuk pengambilan keputusan yang cerdas. Dengan bantuan ini, perusahaan jasa dapat tumbuh dan bersaing dengan lebih baik di ibu kota Indonesia yang begitu sibuk ini.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda