PT Jala Sembilan Optimalkan Siklus Bisnis melalui Accurate Online

PT Jala Sembilan: Optimalkan Siklus Bisnis melalui Accurate Online

Tentang PT Jala Sembilan

PT Jala Sembilan adalah perusahaan berdiri sejak tahun 2009 yang bergerak pada bidang ekspor import produk perikanan hasil laut yang dilengkapi dengan fasilitas pengolahan. Memliki beberapa cabang seperti Jakarata, Semarang, Banyuwangi dan Kendari. PT Jala Sembilan berlokasi Jl. Tugu Industri IV No.3, Randu Garut, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50181,memiliki website : jalagroup.co.id.

Kendala yang Dihadapi dan Solusinya

Bagaimana siklus alur bisnis PT Jala Sembilan? Siklus alur PT Jala Sembilan bergerak dibidang pengolahan perikanan hasil laut menjadi aneka olahan frozen food. Dalam kesehariannya PT Jala Sembilan melakukan pencatatan transaksi yang berkaitan dengan opersiaonal,keuangan dan pengolahan/produsksinya. PT Jala Sembilan untuk melakukan pencatatan transaksi menggunakan pencatatan secara manual by Microsoft Pencatatan secara manual ini dirasa tidak efisien waktu dalam penyajian laporan.

Dengan demikian PT Jala Sembilan ingin menggunakan system yang dapat membantu pencatatan sehari-harinya.

System Accurate Online add on Manufaktur, yang menjadi pilihan PT Jala Sembilan untuk membantu kebutuhan pencatatan transaksi. Kenapa PT Jala Sembilan memilih Accurate Online dengan Add on Manufaktur, bukan yang lain? Karena system tersebut lah yang dapat menunjang 70-90 % terkait kebutuhan Jala Sembilan yang bergerak dalam produk pengolahan perikanan hasil laut.

Terkait bagaimana dengan penggunaan perihal set up hingga ready to use Sytem Accurate Online add on Manufaktur, PT Jala Sembilan menggunakan jasa implementasi tranning dari Szeto Consultans cabang Semarang selama 30 hari (Paket : Szeto Priority Spring), yang ditangani oleh 2 Consultans Profesional dan berpengalaman pastinya.

Baca juga:   PT Satria Bumikerta Amida Farma, Pencatatan Industri Farmasi

Rangkaian tahapan proses Implementasi yang dilakukan pertama, team Consultans Szeto akan melakukan diskusi bersama dengan team PT Jala Sembilan terkait pemahaman serta pengenalan alur usaha bagaimana terlebih pengelohan produk ikan, serta informasi-informasi, data pencatatan sebelumnya yang bekaitan, sebagai bahan pembuatan pengkonsepan awal antara team consultans Szeto dan team PT Jala Sembilan sebelum memulai penggunaan pencatatan pada system Accurate Online add On Manufaktur.

Yang akan diterapkan pada semua devisi baik dari pihak marketing, purchasing, Gudang, produksi dan finance, serta devisi lain yang terlibat. Setelah dilakukan tahapan proses awal yaitu pemahaman, pengkonsepan dan pengumpulan data-data, selanjutnya team consultans Szeto akan menyusun strategi dan time line progress selama beberapa hari kedepan.terkait bagaimana penerapan dari langkah awal set up database hingga akhir database pada accurate siap digunakan Klien.

Team Consultans SAC percaya bahwa setiap project pasti memiliki tantangan di setiap langkahnya. Namun team Consultans SAC sudah siap sedia untuk menangani semua permasalahan dan pelayanan yang terbaik tentunya. Tantangan yang dihadapi team Consultans kali ini terkait kesiapan data dikarenakan banyaknya data transaksi setiap harinya mulai dari pembelian bahan baku, pengelolahan produk ikan hingga ketahap dilakukannya penjualan produk per masing-masing cabang.

Data langkah paling awal yang harus ada dalam migrasi perpindahan system pencatatan. Dengan melakukan cut off data, maka system baru akan dapat meneruskan data pencatatan system lama ke system baru dengan seksama. Dengan demikian data pada PT Jala Sembilan cukup banyak per masing-masing cabang dan belum siap dalam template excel accurate online, dari permasalahan ini consultans Szeto juga membantu untuk kesiapan data pada template excel accurate agar dapat segera di import ke system accurate online.

Baca juga:   PT Sido Muncul Pupuk Nusantara: Proses Bisnis dengan Accurate

Proses siklus/alur transaksi Jala Sembilan yaitu produksi pengolahan ikan menjadi produk frozen food. PT Jala Sembilan memperoleh bahan baku yaitu ikan dengan melakukan pembelian kepihak supplier atau nelayan-nelayan. Selanjutnya akan diterbitkannya pesanan pembelian kepihak Supplier, barang akan dikirm dan diterima oleh Jala Sembilan dari supplier, saat penerimaan terjadinya penyusutan qty karena pembusukan atau barang(ikan) rusak, Jala Sembilan harus mengakui menjadi kerugian, karena qty yang dibayar sesuai dengan PO awal, bukan qty yang diterima. Sehingga saat pembayaran sesuai dengan PO yang di bayarkan.

Setelah dilakukan penerimaan pada Gudang, selanjutnya dilakukan produksi. Bill of material yang digunakan oleh PT Jala Sembilan banyak karena variasi ikan yang banyak sehingga peluang bill of material banyak. Ini juga merupakan tantangan bagi produksi untuk membuat transaksi Bill Of Material atau Formula Produksi karena SDM yang menggunakan accurate online hanya 1 orang saja. Untuk penjualan, dilakukan dengan cara eksport ikan tersebut ke Amerika Serikat.

Untuk penjualan dilakukan setelah terjadinya pengepakan pada proses produksi dan memastikan produk penjualan yang dikirim dalam bentuk frozen karena kualitas ikan harus terjaga sampai tangan pelanggan. Dari case tersebut penerapan pencatatan tidak semudah pencatatan Perusahaan dibidang retail, adanya pengolahan atau produksi bahan baku menjadi barang jadi.

Baca juga:   CV Sahabat Tani 3: Distribusi Obat dan Sarana Pertanian

Perpindahan pencatatan sebelumnya dilakukan secara manual PT Jala Sembilan ke system accurate online tidaklah mudah, perlunya penyesuaian alur SOP yang ada dilapangan dan di system, terlebih dalam produksinya seperti banyak sekali varian bahan baku yang digunakan, penyusustan yang terjadi saat penerimaan barang. Perpindahan data pun harus dilakukan secara detail, seperti pengisian BOM yang digunakan setiap kali produksi,dengan qty sekian yang telah ditentukan paten.

Dari penjelasan diatas merupakan tantangan yang dihadapi team Consultans Szeto bagaimana perlakuan penerapan siklus/alur PT Jala Sembilan agar dapat dicatat dengan baik, lancar menggunakan system Accurate Online dengan Add on Manufaktur yang menghasilkan data yang valid yang dapat dipertanggung jawabkan.

Tim SAC Semarang yang Terlibat

Tim Szeto Accurate Consultants Semarang yang terlibat dalam Project Jala Sembilan meliputi :
Jala Sembilan telah berjalan dengan baik akan penggunaan Sistem Accurate Online dengan add on Manufaktur, serta multi branch (cabang) untuk pencatatan transaksi sehari-harinya yang berkaitan dengan pencatatan pembelian bahan baku, pengolahan bahan baku menjadi barang jadi siap jual sampai pada penjualan, hingga membentuk laporan keuangan.

Dengan demikian penggunaan system Accurate ini membantu PT Jala Sembilan merekap semua pencatatan yang berkaitan dengan operasional maupun non operasional. Dengan melihat laporan keuangan secara cepat dimanapun berada dengan koneksi internet,serta laporan yang pastinya dapat di pertanggung jawabkan, sekaligus membantu sebagai bahan pertimbangan, evaluasi akan kemajuan usaha, serta aspek-aspek lainnya.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda