PT Sekar Fuji Food Inovasi Operasional Dalam Dunia Kuliner

PT Sekar Fuji Food: Inovasi Operasional Dalam Dunia Kuliner

PT Sekar Fuji Food menjadi pemain utama di industri bumbu masakan khas Jepang, menunjukkan komitmen melalui penggunaan sistem mutakhir seperti Accurate Desktop versi Enterprise untuk mendukung operasionalnya. Namun, dalam perjalanannya, perusahaan menghadapi sejumlah tantangan terutama seiring pengenalan produk baru dalam lini produksinya.

Implementasi Sistem: Tantangan dan Solusinya

Produksi

  • Kendala: Dalam operasional produksi, munculnya produk baru yang dapat dijual maupun dijadikan bahan baku menimbulkan kompleksitas.
  • Solusi: Perusahaan memutuskan untuk menciptakan master barang “Work in Process” (WIP) atau barang setengah jadi. Pengelolaannya mengikuti prinsip barang setengah jadi dengan pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK) yang terpisah.

Akuntansi

  • Kendala: Perbedaan nilai antara Pesanan Pembelian (PO) dan Faktur Penerimaan (PI) menimbulkan ketidaksesuaian dan fluktuasi nilai setelah penutupan bulan.
  • Solusi: Penyesuaian dilakukan dengan mengubah preferensi biaya penerimaan barang agar nilainya tetap sesuai tagihan pertama satu periode dengan tanggal penerimaan barang. Selisih nilai di PO dan PI yang tidak dibayar masuk ke akun selisih pembelian belum tertagih.
Baca juga:   Printloka: Solusi Pembukuan Bisnis untuk Percetakan Souvenir

Penjualan

  • Kendala: Adanya retur barang karena kerusakan menginginkan penggunaan modul Return Merchandise Authorization (RMA), namun terbatas pada kuantitas 1.
  • Solusi: Retur penjualan diinput secara terpisah tanpa melibatkan modul RMA, dengan kemampuan menangani retur dalam jumlah lebih besar. Pengelolaan harga nol pada faktur penjualan digunakan saat pengiriman ulang.

Gudang

  • Kendala: Barang baru tidak terlihat dalam laporan daftar barang dan jasa.
  • Solusi: Untuk memastikan munculnya semua barang, filter nama barang pada laporan dapat disetel dengan mencentang opsi “All”.

Kesimpulan

PT Sekar Fuji Food telah menanggapi dinamika produksi dengan menciptakan master barang WIP. Dalam aspek akuntansi, penyesuaian biaya pembelian telah disempurnakan untuk menghindari penyesuaian berlebihan. Dalam hal retur penjualan, pendekatan yang lebih fleksibel digunakan tanpa mengandalkan modul RMA. Kesemuanya ini merupakan langkah-langkah cermat untuk memastikan efisiensi operasional dan menjaga kualitas layanan.

Baca juga:   PT Sumber Mandiri Shipyard : Pencatatan RAB dengan Accurate 5
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda