PT Sejahtera Tujuan Utama : Pencatatan Laporan dengan Accurate

Implementasi Accurate Online PT Sejahtera Tujuan Utama

 

PT Sejahtera Tujuan Utama atau yang lebih dikenal dengan nama Percetakan Cahaya 33  merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa dengan detail bisnis digital printing (percetakan). Perusahaan ini sudah lama beroperasi tetapi belum ada pencatatan laporan keuangan  seperti laporan laba rugi, neraca, dan lain – lain. 

Karena itu percetakan cahaya 33 membutuhkan sistem accurate online sebagai tempat untuk  mencatat keuangan perusahaan. Sistem Accurate online juga terintegrasi dari mulai pembelian,  penjualan, pembayaran, penerimaan, pencatatatan gaji sampai jadi laporan keuangan. Untuk dapat  mengimplememntasikan sistem accurate dengan baik dan benar perusahaan ini menggunakan jasa  pelatihan accurate dari Szeto Accurate Consultant dari cabang Jakarta. 

Perkenalan diri kami lakukan pada awal – awal bersama dengan pendamping. Perusahaan ini baru  pertama kali menggunakan accurate. Langkah awal yang dilakukan yaitu membuat database baru  dengan nama perusahaan serta melengkapi info perusahaan klien. Selanjutnya impor master data  yang dimiliki klien untuk persiapan data perusahaan. Ada beberapa yang di set up di database yaitu  CoA, Company Information, Customer, Vendor, Werehouse, Item, Item Category, No. Master, dan  Employee Master. 

Baca juga:   PT Putera Inti Pratama : Pencatatan Akuntansi dengan Accurate

Selanjutnya mendesain cetakan faktur penjualan dan surat jalan (pengiriman pesanan) sesuai  dengan permintaan klien. Permintaan klien terkait desain fatur penjualan yaitu menampilkan uang  muka pada faktur penjualan jika terjadi transaksi penjualan dengan uang muka. Selanjutnya  menjelaskan alur penjualan, penjualan yang terjadi di perusahaan ini yaitu ada yang dari  penawaran penjualan dan customer dateng langsung ke tempat usaha klien. Untuk penjualannya  ada yang dengan uang muka dan bayar penuh.  

Untuk penjualan yang berawal dari penawaran penjualan dengan jika ada uang muka, masuk ke  modul penjualan – penawaran penjualan – pesanan penjualan – uang muka (jika ada) – penerimaan  penjualan (uang muka), faktur penjualan – penerimaan penjualan (pelunasan). Sedangkan penjualan langsung di tempat usaha menggunakan modul penjualan – pesanan pejualan – uang  muka (jika ada) – faktur penjualan – penerimaan penjualan. Untuk pengambilan barang pesanan  di tempat usaha tersebut tidak ada karena sistemnya semua ambil di tempat usaha. 

Lalu menjelaskan pencatatan gaji di modul buku besar – pencatatan gaji – pilih tipe pembayaran mengisi tanggal dan tanggal jatuh tempo, akun utang beban – gaji pokok, tunjangan dll – proses  akan masuk ke modul kas & bank fitur pembayaran lalu diisi kan keluar dari kas/bank apa, isi  tanggal dan pilih akun beban gaji dan nominal yang dibayarkan. Mendasain cetakan slip gaji sesuai  request klien untuk tampilan desain cetakan di pencatatan gaji. 

Baca juga:   PT Sekar Fuji Food: Inovasi Operasional Dalam Dunia Kuliner

Selanjutnya menjelaskan untuk pengeluarann operasional seperti beli makan siang, beli lakban,  beli tisue dan pengeluaran operasional lainnya. Untuk pengeluaran tersebut masuk ke dalam modul  kas dan bank di fitur pembayaran. Selain itu memberitahu juga kepada klien tentang fitur  penerimaan itu digunakan untuk mencatat penerimaan di luar penjualan contohnya seperti  pendapatan bunga bank. 

Selanjutnya mensettingg hak akses pengguna sesuai dengan permintaan klien. Lalu ke daftar  laporan untuk melihat bentuk laporan laba rugi, neraca, dll itu seperti apa. Klien butuh di laporan  laba rugi tampil penjualan per kategori barang & jasa nya. Caranya yaitu ke preferensi – akun  perkiraan – fitur penjualannya ditambahkan akun penjualan per kategori barang & jasanya. Ada  tambahan requestan di desain cetakan faktur yaitu menampilkan keterangan di info lainnya tampil  di tampilan faktur penjualan. Cara nya yaitu di desain cetakan panggil dengan variabel  $F{salesInvoiceDetail.detailNotes}.  

Baca juga:   PT Bintang Golf Mandiri: Efisiensi Dalam Perdagangan Alat Golf

Tim yang terlibat dalam onsite di PT Sejahtera Tujuan Utama yaitu Siti dan Mas Andi sebagai  pendamping dari tim SAC Jakarta. Siti mengimpor master data perusahaan sampai alur penjualan  dan mas andi membantu siti jika ada yang belum bisa. 

Kini PT Sejahtera Tujuan Utama memiliki sistem accurate online yang terintegritas dan juga  paham cara mengimplementasikannya di sistem. Selain itu juga memiliki desain cetakan faktur  penjualan dan surat jalan yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan perusahaannya. PT  Sejahtera Tujuan Utama juga bisa melihat laporan laba rugi, neraca dll langsung otomatis di sistem. 

Dengan begitu informasi mengenai laporan keuangan laba rugi dapat tercatat di sistem accurate  dengan terintegritas. PT Sejahtera Tujuan Utama bisa mengetahui jumlah pendapatan dan  pengeluaran serta laba yang dalam periode bersangkutan di accurate.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda