Printloka Solusi Pembukuan Bisnis Percetakan Souvenir

Printloka: Solusi Pembukuan Bisnis untuk Percetakan Souvenir

Tentang Printloka

Printloka merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang percetakan souvenir. Salah satu produk yang paling banyak diperdagangkan adalah print custom kartu uang elektronik. Transaksi pada perusahaan ini secara langsung dengan customer dan melalui marketplace.

Dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan ini sebelumnya telah menggunakan sistem, namun ketika sistem lama telah habis masa aktifnya, maka perusahaan beralih ke sistem Accurate Online. Seperti sistem mereka yang sebelumnya, Accurate Online digunakan oleh Printloka untuk mempermudah dalam melakukan pencatatan stok dan penjualan

Implementasi Sistem dengan Beberapa Kendala dan Solusinya 

Modul Kendala Solusi
Penjualan Penjualan dari marketplace ada sejumlah fee yang ditanggung oleh klien dan klien ingin fee dari marketplace tercatat juga di faktur penjualan namun saat di cetak nilai faktur penjualannya tetap pada harga yang ditawarkan. Dengan melakukan modifikasi desain cetakan untuk tidak memakai nilai total secara default melainkan buat sendiri agar nilai total beda dengan inputan. Untuk penginputan fee dari marketplace di input saat pembuatan faktur penjualan dibagian biaya lainnya serta masukkan akun beban e-commerce dengan angka minus.
Penjualan ada DP Suka terjadi transaksi ada DP setelah cetak invoice Klien input transaksi uang muka dengan menyebut nama pelanggan yang sama dengan yang di faktur penjualan. Lalu masuk lagi ke faktur penjualan yang sebelumnya sudah dicetak lalu edit dan tarik uang mukanya. Kemudian buat 1 desain cetakan dengan menyertakan nilai DP serta nilai totalnya sudah dikurangi DP. 
Item Grouping Dalam proses penjualan, klien ada proses produksi untuk barang jualnya. Namun jika menggunakan fitur Job Costing klien merasa rumit Klien dapat membuat item group untuk pengganti dari fitur job costing. Namun klien harus tau berapa rincian item group dan harus selalu menyetok persediaan barang yang masuk ke grup.
Baca juga:   PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya: Optimasi Akuntansi Proyek dan Transaksi Aset

Kesimpulan

Penggunaan Accurate Online untuk Printloka sangat mendukung dalam hal pencatatan stok dan penjualannya yang menggunakan marketplace.

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Bingung Mengurus Pembukuan Bisnis?

Coba Demo Software Akuntansi Accurate untuk Kendalikan Keuangan Bisnis Anda